Kamis, 19 Januari 2012

Makalah sosiologi 2011/2012


BAB I

I.                   Latar Belakang Masalah
           
Proses belajar di sekolah saat ini sudah mulai berjalan dengan baik, pada zaman sekarang banyak hal yang mendukung  untuk kemajuan pendidikan. Sebagai contoh kemajuan untuk mengakses internet pada para pelajar tersediannya informasi di internet mendukung pelajar untuk lebih maju. Tak hanya itu semua kembali pada siswanya bagaimana mereka menanggapinya, kekopakan siswa dalam proses pembelajaran pun sangat berpengaruh baik positif maupun negative. Positifnya adalah membantu proses belajar siswa terutama saling membantu dalam pembelajaran apabila ada yang kurang dimengerti, namun ada dampak negatifnya juga. Sebagai contoh salah memilih teman  yang mengajak kearah yang menyimpang, meskipun kompak namun kompaknya salah jalan. Proses Belajar adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang yang melalui suatu proses untuk mendapatkan hasil dan pengalaman          

Latar Belakang  kami mengangkat tema ini adalah untuk mencari informasi mengenai proses pembelajaran siswa dan pengaruh kekompakan pada siswa. Karena banyak sekali siswa yang berhasil melalui kekompakan dan banyak siswa yang gagal karena kekompakan siswa yang menyimpang.

II.                Identifikasi Masalah
  1. Apakah kekompakan memiliki pengaruh terhadap proses belajar?
  2. Dampak apa yang ditimbulkan dari kekompakan siswa?
  3. Apa yang mendukung dari kekompakan siswa?

III.             Rumusan Masalah
 Bagaimana pengaruh kekompakan siswa terhadap proses belajar?

IV.              Tujuan Penelitian
 Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh kekompakan siswa terhadap proses pembelajaran siswa.

V.                 Manfaat Penelitian:
Bagi siswa:
  1. Mengetahui pentingnya kekompakan siswa
  2. Mengetahui pengaruh proses pembelajaran

BAB II
LANDASAN TEORI
       I.      Pengertian Proses belajar
a)      Menurut James O, Whittker,Merumuskan belajar sebagai proses di mana tingkah laku di timbulkan atau di ubah melalui latihan atau pengalaman.
b)      Drs. Slameto merumuskan pengertian tentang belajar, menurutntya belajar adalah suatu proses usaha yang di lakukan individu untuk memperoleh sesuatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
c)      Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat pundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas, kami menyimpulkan bahwa proses belajar adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang yang melalui suatu proses untuk mendapatkan hasil dan pengalaman                 

    II.      Pengertian Kekompakan
a)      Kompak adalah bersama.kekompakan dalam kebaikan itu tidak ada rasa takut ragu/dosa yg penting kekompakan itu sendiri ada dasarnya.
b)      Kompak adalah satu gerakan, satu tujuan, satu perjuangan.
c)      Kompak adalah slalu bersama unt mencapai tujuan yg sama

Berdasarkan uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa kompak adalah suatu gerakan yang dilakukan sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam susah maupun senang.

BAB III

I. Tujuan penelitian
Kami melakukan penelitian ini untuk :
a)      Mencari informasi mengenai proses belajar.
b)      Mendapatkan informasi mengenai hubungan proses belajar  dengan kekompakan siswa
c)      Mendapatkan hasil dari penelitian ini.

II. Waktu dan tempat Penelian
Kami melakukan penelitian ini pada:
Hari :
Tanggal:
Tempat:                                                                                                  

III. Metode Penelitian
Kuantitatif dengan melakukan pendekatan terhadap siswa di SMA Negri 2 Cibinong

IV. Sumber Data



V. Teknik pengumpulan data


VI. Langkah langkah penelitian

BAB IV



BAB V
KESIMPULAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar